Blogger Berbagi Info Resep Masakan, Makanan, Minuman, Ramalan Bintang Zodiak Terkini, Info Jadwal Film XXI Bioskop, Tips Dekorasi Rumah Minimalis, Tips Android

Desain Rumah Dengan Biaya Murah

Setiap individu mendambakan tempat tinggal yang nyaman, indah dan kokoh sebagai tempat berlindung. Untuk mewujudkannya, tak semua orang memiliki kesempatan dan kemampuan yang sama. Faktor biaya sesuai dengan kemampuan masing-masing individu, turut menentukan terwujudnya rumah idaman. Bagi sebagian orang, rumah masih menjadi barang mahal.


Bahkan tak sedikit pula yang belum mampu memilikinya. Arsitektur dengan biaya murah bukan berarti tampil kumuh dan apa adanya. Arsitektur murah bisa tetap terlihat mewah, bukan karena terlihat mengilap namun karena keindahannya. Desain rumah yang baik dan indah, bisa membuat hidup seseorang menjadi lebih positif dan berkualitas. Sebaliknya, jka ruangan terasa sumpek, maka sikap hidup menjadi sumpek juga. Karena itu, dibutuhkan eksplorasi dan kejelian untuk menghasilkan sesuatu yang berbeda dari bahan yang sederhana.

Yang disebut sebagai rumah murah, hendaknya tidak hanya di awal pembangunannya, namun juga dari sisi perawatannya di kemudian hari. Jangan sampai, setelah rumah ditinggali, Anda harus keluar banyak anggaran untuk perbaikan, penambahan ruang atau membayar tagihan listrik karena seringnya mengkonsumsi AC atau kipas angin.
Perencanaan secara matang, menjadi kunci utama desain rumah yang baik. Untuk mewujudkan rumah idaman sesuai kantong, butuh beberapa langkah.

1. Desain rumah hemat energi.
Konsep mendasar dari rumah hemat energi adalah bagaimana agar rumah tetap terasa nyaman tanpa harus menggunakan penghangat atau listrik untuk menyejukkan ruangan.
• Usahakan posisi rumah tidak menghadap ke timur, dan perbanyak penempatan ruang di sisi selatan dan utara, supaya sinar matahari tidak langsung masuk ke dalam rumah.
• Perbanyak bukaan dan jendela, agar terjadi pertukaran udara. Udara yang terjebak dalam ruangan, akan membuat suhu ruangan tinggi.

2. Desain ramah lingkungan.
Jika memungkinkan, sediakan ruang terbuka hijau di areal rumah dan berdayakan potensi lokal. Rumah dengan system pencahayaan hijau dapat mengurangi konsumsi energi. Makin banyak pepohonan tumbuh di sekitar rumah, makin berkurang intensitas panas. Selain itu, pilih desain rumah yang mengadaptasi desain rumah-rumah tradisional.

3. Rencanakan struktur dan desain rumah.
Pilih desain yang bisa menghemat anggaran, semisal :
• Lebar rumah yang tidak lebih dari 400 cm, tidak memerlukan struktur kuda-kuda.
• Jarak antara lantai satu dan dua, cukup 250 cm, namun harus memiliki bukaan dan ventilasi yang cukup untuk ukuran ruangnya. Biaya dinding, struktur kolom dan tangga bisa ditekan.
• Gunakan atap fiber semen (tanpa kandungan asbestos) yang akan menekan anggaran dibanding jika menggunakan atap genteng karena tidak memerkukan kaso dan reng.
• Gunakan struktur rangka multipleks pada struktur lantai dua, yang dilapisi cor semen tipis dan pelapis keramik. Struktur lantai ini lebih hemat dibanding lantai beton karena memerlukan kolom dan balok penyangga yang lebih kecil.

4. Gunakan material unfinished
Tak ada salahnya dinding dibiarkan tampil polos tanpa polesan cat, atau lantai tanpa penutup keramik atau marmer. Biarkan lantai, beton, plafon atau dinding tampil apa adanya, dengan material semen ekspos melalui teknik acian ekspos. Selain menghemat, ekspos semen bisa menampilkan ekspresi arsitektur yang kuat.

5. Pilih material lokal dengan harga relatif murah.
Banyak tersedia material dengan harga murah, yang bisa diolah atau dieksplorasi menjadi lebih menarik. Misalnya bata merah atau batako yang disusun dalam jarak tertentu sehingga dindingnya berlubang-lubang, dapat menjadi aksen. Atau bisa juga digunakan bata merah ekspos, namun disusun dengan rapih dan apik sehingga tetap terlihat menarik.

6. Gunakan material bekas pakai.
Jika mau sedikit repot, carilah material bekas pakai yang banyak dijual di pasaran. Seperti kusen kayu, pagar besi, genteng, monoblok atau batu bata. Perhatikan dengan cermat dan teliti, kondisi dan kekuatan material bekas pakai tersebut. Pilih yang masih bagus kondisinya.

7. Gunakan jasa arsitek
Tak semua arsitek menerapkan biaya mahal untuk jasanya. Arsitek akan membantu membuat desain rumah dan struktur yang efisien dan efektif. Jika tak ada anggaran khusus, manfaatkan rubrik konsultasi arsitektur yang banyak tersedia di mass media. Sampaikan kebutuhan dan kemampuan Anda dengan jelas, sehingga arsitek bisa mendesain rumah sesuai dengan yang Anda inginkan. Mintalah desain rumah tumbuh. Sehingga jika anggaran saat ini tidak mencukupi, bisa dilanjutkan suatu saat.

Nah itulah beberapa informasi dalam mempercantik desain arsitektur rumah anda. Semoga dapat membantu dan selamat mempraktekannya dirumah. Untuk informasi yang berikutnya anda juga dapat membaca mengenai Desain Rumah Yang Unik Dan Indah dan Model Desain Rumah Mewah Arsitektur Eropa


Bagikan ya: Facebook Twitter Google+

Desain Rumah Dengan Biaya Murah

Posted by Mandy Bulles, Published at 2:12 PM.

Comments Facebook :

No comments:

Post a Comment