Blogger Berbagi Info Resep Masakan, Makanan, Minuman, Ramalan Bintang Zodiak Terkini, Info Jadwal Film XXI Bioskop, Tips Dekorasi Rumah Minimalis, Tips Android

Hunian Sejuk di Iklim Tropis

Indonesia, sebagai negara yang terletak di jalur khatulisiwa, beriklim tropis dan merupakan negara kepulauan, sedikit banyak memengaruhi kultur bangunannya. Banyak hunian di Indonesia yang mengadopsi hunian tropis dengan banyak bukaan, memiliki pekarangan, berundak dan hanya terdiri satu lantai. Masalah yang sama yang ditemui dalam hunian di negara tropis adalah kurang sejuknya suasana di dalam ruang. Berikut kami uraikan bagaimana cara menciptakan kesejukan dalam hunian.

Cool Colors
Quartanti Dharmarini, Desainer Interior lulusan Geneva, Swiss mengatakan, warna-warna sejuk merupakan warna turunan dari warna dasar Biru, warna gradasi dari Hijau ke Ungu dan warna-warna berunsur Putih seperti Krem atau Pastel. “Aplikasi cool colors dapat ditempatkan pada dinding atau upholstery furnitur, sehingga skema warna ruang terasa menyejukkan,” tambah wanita yang biasa dipanggil Tanti. Warna teduh biasanya merupakan warna-warna sederhana yang alami namun solid. Misalnya Abu-Abu Muda (silver grey), warna ini berkesan membumi dan mudah dikombinasikan dengan warna lain, selain menimbulkan efek relaksasi dan menetralkan ruang.

Interior menyejukkan
Ruangan rumah idaman yang menyejukkan memiliki banyak bukaan. Bukaan seperti jendela besar yang posisinya diatur sehingga sirkulasi udara, humiditas dan cahaya yang masuk dan keluar dapat maksimal. Hunian di negara tropis sebaiknya melebar dan menghadap Utara, sesuai dengan prinsip bangunan berteknologi passive solar design. Plafon tinggi juga selalu dapat menyejukkan ruangan. “Batasi penggunaan penyejuk ruangan!” tandas Tanti semangat. Memberikan keleluasaan ruang dengan minimalisasi furnitur juga dapat membuat ruangan terasa lebih airy. Lantai juga memiliki peran penting dalam menyejukkan ruangan, teraso/ tegel lama atau marmer adalah pilihan terbaik untuk menciptakan ruangan yang sejuk.

Unsur tanaman
Penambahan tanaman dalam ruang untuk menciptakan suasana sejuk juga tidak dapat dilakukan sembarangan. Sifat tanaman yang mengeluarkan karbondioksida pada malam hari harus diperhatikan. “Tanaman merupakan “pagar” polusi yang paling baik. Letakkan tanaman pada ruang dengan aktivitas rendah pada malam hari. Tanaman dengan ukuran sesuai dengan proporsi ruang, mudah dipindahkan dan memiliki warna (daun) yang harmonis dengan warna ruang,” jelas Tanti. Untuk tanaman tropis yang minim perawatan, Anda dapat memilih Aspidistra, Philodendron, Sansivieria dan Lili Paris.

Tip menciptakan ruangan sejuk:
1. Gunakan peredam panas seperti tirai berbahan ringan untuk mengurangi intensitas cahaya masuk.
2. Tambahkan unsur alami pada ruangan. Dapat berupa kolam kecil, wall fountain, atau inner court.
3. Berikan space (saluran) yang cukup untuk piranti-piranti elektronik yang mengeluarkan panas.
4. Sebagai ganti penggunaan penyejuk ruangan (AC), gunakan exhaust atau kipas angin gantung untuk mengatur sirkulasi udara dalam ruang.

Nah itulah beberapa informasi dalam mempercantik desain interior rumah anda. Semoga dapat membantu dan selamat mempraktekannya dirumah. Untuk informasi yang berikutnya anda juga dapat membaca mengenai Desain Room Devider Rumah Modern dan Nilai Keindahan Design Interior Rumah Minimalis


Bagikan ya: Facebook Twitter Google+

Hunian Sejuk di Iklim Tropis

Posted by Mandy Bulles, Published at 9:27 PM.

Comments Facebook :

No comments:

Post a Comment