Blogger Berbagi Info Resep Masakan, Makanan, Minuman, Ramalan Bintang Zodiak Terkini, Info Jadwal Film XXI Bioskop, Tips Dekorasi Rumah Minimalis, Tips Android

Batu Alam Rentan Rusak? Tambahkan Lapisan Coating


Batu alam masih jadi material favorit untuk mempercantik tampilan eksterior rumah minimalis. Sayangnya, bila tak dilapis coating, batu alam rentan jamur dan lumut. Coating bisa mencegah air masuk, sehingga lumut dan jamur tak tumbuh.

Bagaimana langkah-langkahnya? Berikut tahapan yang bisa Anda lakukan sendiri untuk melapisi batu alam dengan coating.

1. Siapkan alat-alat dan bahan yang dibutuhkan.
Terdapat dua jenis bahan yang bisa Anda pilih. Pertama, clear coating yang mirip vernis namun khusus diaplikasikan untuk batu alam. Jenis ini membuat batu tampil mengilat.

Sementara pilihan lainnya yaitu penetrating finished yang masuk ke dalam pori-pori batu alam saat diaplikasikan, tetap membuat batu tampil alami.

Jangan lupa sediakan dua buah kuas, 1 untuk membersihkan batu dan lainnya untuk mengaplikasikan coating.

2. Bersihkan permukaan batu.
Bersihkan permukaan batu terlebih dahulu dengan kuas yang sudah Anda siapkan. Bila batu telah ditumbuhi lumut dan jamur, gosok dengan sikat hingga bersih. Bilas dengan air dan biarkan hingga kering.

3. Lapisi dengan coating.
Setelah permukaan kering, aplikasikan cat dengan menggunakan kuas agar hasilnya rata. Bila Anda memilih clear coating, lapisi sebanyak dua kali. Setelah pelapisan pertama, diamkan selama 2 jam, baru lakukan pelapisan kedua.

Bila Anda memilih penetrating finished, banyak pelapisan tergantung dari porositas (kemampuan menyerap air) dari batu alam tersebut.

4. Ulangi Pelapisan
Agar jamur dan lumut tak muncul kembali, ulangi pelapisan tiap setahun sekali untuk clear coating dan 3 – 6 bulan sekali untuk penetrating finished. Sementara untuk permukaan batu alam yang sering terkena tampias hujan, frekuensi pelapisan coating harus dilakukan lebih sering.

Baca juga mengenai informasi contoh rumah minimalis dari kami untuk anda dan jangan lewatkan pula untuk membaca Mau Tidur Berkualitas? Jangan Salah Pilih Seprainya dan Interior Rumah Sederhana Minimalis



Bagikan ya: Facebook Twitter Google+

Batu Alam Rentan Rusak? Tambahkan Lapisan Coating

Posted by Mandy Bulles, Published at 12:56 PM.

Comments Facebook :

No comments:

Post a Comment